Curug Indah Tegalrejo, Pemandangan Alam Yang Indah dan Eksotis

curug indah tegal rejo

Curug Indah Tegalrejo - Yogyakarta yang terkenal sebagi Kota Pelajar ini, ternyata memiliki banyak sekali tempat wisata unik dan populer yang sangat wajib untuk Anda kunjungi. Yogyakarta memiliki beragam potensi wisata yang mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata edukasi, wisata buatan dan wisata pantai.

Tak hanya itu saja, ada juga wisata air terjun yang keindahan alamnya tak tertandingi. Yogyakarta khususnya di daerah Gunung Kidul, memang mempunyai banyak wisata Air Terjun. Dan kali ini, saya akan membahas salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di kabupaten Gunung Kidul, tempat tersebut adalah Curug Indah Tegalrejo.

Curug Indah Tegalrejo

Curug Indah Tegalrejo merupakan sebuah objek wisata di Gunung Kidul, Yogyakarta, yang panoramanya sangat memanjakan mata. Meskipun tempat wisata ini belum cukup terkenal, tetapi wisata ini menyajikan pemandangan indah sejauh mata memandang.

Setiap wisata Air Terjun pasti memiliki keuinkan tersendiri yang mampu membekas di ingatan para wistawan, begitupun dengan Curug Indah Tegalrejo. Keunikan dari tempat wisata ini adalah air terjunnya yang memiliki 3 tingkat. Masing masing tingkat memiliki ketinggan yang bervariasi. Tingkatan paling atas terdapat spot yang sangat kece dan menarik.

Di setiap tingkatan curug, memilki kolam yang terletak di bawah grojogan air terjun. Kolam ini dapat dimanfaatkan para pengunjung untuk berendam, bermain air dan lain lain.

(Baca juga: Alamanda Flower Garden, Rajanya spot foto instagammable)

Layaknya wisata curug pada umumnya, debit air disini juga sesuai dengan musim yang ada. Jika saat musim penghujan, debit air di curug ini akan terlihat deras. Begitupun sebaliknya, bila saat musim kemarau, debit air di curug ini akan menurun.

Harga Tiket Masuk

Perlu Anda ketahui bahwa untuk memasuki wilayah Curug Indah Tegalrejo ini tidak dipungut biaya retribusi sepeserpun. Sebagai gantinya, Anda bisa menyumbangan sedikit uang secara sukarela kepada pihak pengelola guna untuk memperbaiki dan mempercantik objek wisata ini.

Itu semua karena tempat wisata ini hanya dikelola oleh masyarakat sekitar dan karang taruna setempat. Oleh karena itulah tempat wisata ini belum memiliki harga tiket masuk yang resmi.

Selain itu, untuk para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan mobil dan Rp 2.000 untuk kendaraan motor.

Fasilitas

Dengan keadaan yang masih dikelola oleh masyarakat sekitar, membuat tempat wisata ini sangat minim akan fasilitasnya, hanya saja terdapat beberapa tempat duduk memanjang yang dapat digunakan untuk istirahat sejenak dan duduk duduk santai .

Selain itu, terdapat juga kamar mandi milik masyarakat setempat yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk mencuci atau membilas badan setelah mandi mandian di kolam.

Lokasi Wisata

Meskipun fasilitasnya masih tergolong minim, tetapi akses menuju lokasi wisata ini sangatlah mudah dijangkau dan medannya pun bagus. Alamat Curug Tegalrejo ini adalah Cremo, Tegalrejo, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863.

Curug Indah Tegalrejo juga seringkali disebut sebagai “Curug Bayat”. Hal ini dikarenakan lokasi wisata ini sangat mudah dijangkau bila kita melalui kecamatan Bayat, Klaten.

Sesampainya di parkiran, Anda diharuskan untuk Tracking terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit dengan medan jalan setapak dengan kondisi yang menanjak. Sesampainya di lokasi, pemandangan indah dari Curug Indah Tegalrejo ini dapat mengobati rasa lelahmu setelah melalui jalan setapak.

Jarak Curug Indah Tegalrejo bila dari Pusat Kota Yogyakarta bila di hitung hitung mencapai sekitar 39,5 KM dengan waktu tempuh normal bila menggunakan kendaraan motor sekitar 2 jam 15 menit.

Rute Menuju 

Mengingat lokasinya berada di perbatasan Klaten dan Gunung Kidul, Rute untuk menuju Air Terjun ini cukup mudah untuk dijangkau.

Jika Anda memulai perjalanan dari Pusat Kota Yogyakarta, Anda bisa arahkan kemudimu ke arah timur melalui JL. KH. Ahmad Dahlan menuju ke JL. Pangurakan. Dari sini lurus saja terus menuju ke JL. Kusumanegara.

Sesampainya di Perempatan, beloklah ke utara menuju JL. Majapahit. Sampai sini lurus saja terus sampai menemukan sebuah perempatan yang bilamana menuju ke utara akan melalui JL Janti, beloklah kesitu.

Setelah itu Anda akan menemukan pertigaan, arahkan kemudimu ke arah timur untuk dapat melalui JL Lakssda Adisucipto. Lurus saja terus sampai Anda berada di JL Raya Solo – Yogyakarta. sesampainya disini, Anda akan menemukan perempatan dan beloklah ke arah timur menuju JL Asia Afrika Jogonalan.

Ikuti saja jalan ini sampai Anda menemukan pertigaan yang bila belok kearah selatan menuju JL Srowot, beloklah kesitu. Sampai disini Anda tinggal lurus terus menuju JL Sultan Agung dan di perempatannya silahkan untuk belok ke timur menuju JL Wedi – Bayat.

Kalau sudah sampai sini, Anda sudah dekat dengan lokasi wisata Curug Indah Tegalrejo.  Dari JL Wedi – Bayat, Anda tinggal lurus terus melalui JL Pandanaran dan lanjutkan sampai ke JL Raya Bayat. Disini Anda akan menemukan pertigaan.

Setelah itu Anda tinggal belok kearah selatan menuju JL. Curug Indah dan lanjutkan perjalanan ke JL. Tegalrejo. Sampai disini, Anda tinggal lurus saja terus dan nantinya akan sampai di lokasi wisata Curug Indah Tegalrejo.

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang Curug Indah Tegalrejo yang bisa Anda kunjungi kapan saja untuk menenangkan diri dan mencari hiburan disela kesibukan yang ada.

Ayo tunggu apalagi? Jadwalkan keberangkatan menuju ke Curug Indah Tegalrejo mulai dari sekarang!

Terima kasih.