Doa Saat Gerhana dan Artinya

doa saat gerhana dan artinya

Doa Saat Gerhana - Gerhana merupakan sebuah peristiwa atau fenomena langka yang terjadi dalam kurun waktu yang sangat lama. Gerhana terbagi menjadi dua jenis, ada gerhana matahari dan gerhana bulan. Keduanya termasuk fenomena yang Allah SWT ciptakan.

Ketika terjadi fenomena gerhana, baik matahari maupun bulan, ada beberapa hal yang wajib dilakukan oleh kita sebagai umat Islam, terutama berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT. Dengan begitu, keberkahan InsyaAllah akan datang dalam kehidupan kita.

Dalam agama Islam, fenomena alam gerhana matahari dan bulan merupakan bukti dari kekuasaan Allah SWT. Sehingga kita disunnahkan untuk mengamalkan berbagai macam ibadah sebanyak mungkin saat peristiwanya sedang berlangsung.

(Baca juga: Doa Saat Sakit Hati dan Artinya)

Berikut ini merupakan firman Allah SWT tentang fenomena gerhana.

الشَّمْسُ وَالْقَمَرُ بِحُسْبَا

Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.” (Ar-Rahman : 5)

Selain firman Allah, ada beberapa doa yang bisa Anda ucap saat fenomena gerhana sedang berlangsung. Oleh karena itu di artikel kali ini saya akan memberikan pengetahuan tentang doa saat gerhana dan artinya.

Lalu, apa saja doanya? Yuk baca ulasan dibawah ini sampai selesai.

(Baca juga: 5 Perbedaan Haji dan Umroh)

Doa Saat Gerhana

1. Doa Pertama

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ يُخَوِّفُ بِهِمَا عِبَادَهُ وَإِنَّهُمَا لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ فَإِذَا رَأَيْتُمْ كُسُوفَ أَحَدِهِمَا فَصَلُّوا وَادْعُوا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ

Sesungguhnya matahari dan bulan itu adalah dua tanda kekuasaan Allah, agar hamba takut kepadaNya. Terjadinya gerhana matahari dan bulan itu bukanlah karena kematian seseorang. Maka jika engkau melihatnya, maka salatlah dan berdoalah hingga gerhana itu tersingkap dari kalian.” (HR. An Nasa’i; shahih).

2. Doa Kedua

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله، الله أكبر

Artinya: “Maha suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Mahabesar“.

(Baca juga: Hukum Riba dalam Islam)

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang doa saat gerhana beserta artinya. Dengan begitu, Anda sudah mengetahui doanya, usahakan untuk menghafal doa tersebut. Agar suatu saat ketika terjadi fenomena gerhana, Anda bisa membaca doanya.

Dengan membaca doa tersebut, insyaAllah hidup kita akan diberikan kenyamanan dan kedamaian oleh Allah SWT. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah, aamiin. Terima kasih.