Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

5 Doa Saat Hujan dan Artinya

doa saat hujan dan artinya

Doa Saat Hujan - Hujan merupakan salah satu keberkahan yang Allah SWT turunkan ke bumi untuk seluruh ciptaannya. Hujan juga termasuk anugerah Allah SWT atas kekuasaannya di alam semesta. Kita memang sering kali merasakan bagaimana suasana ketika sedang hujan.

Banyak diantara kita saat hujan memilih untuk berteduh, berdiam diri di kamar, bermain gadget dan lain sebagainya. Padahal, Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk membacakan doa saat terjadi hujan, baik hujan biasa maupun hujan deras disertai badai.

Tentu, kita sebagai umat Islam harus mengikuti apa yang sudah Rasulullah SAW sarankan. Namun, sangat disayangkan, masih banyak diantara kita yang belum mengetahui doa-doa saat hujan sedang berlangsung.

(Baca juga: Doa Saat Gerhana dan Artinya)

Padahal, jika kita berdoa saat sedang terjadi hujan, InsyaAllah akan diturunkan sebuah keberkahan kepada kita, baik itu rezeki ataupun yang lainnya. Tentu, itu menjadi sebuah keinginan banyak orang, terutama umat Islam.

Oleh karena itu, di artikel kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang doa saat hujan, beserta artinya yang bisa dipelajari dan dihafalkan. Agar saat hujan sedang turun, Anda bisa membacakannya dan insyaAllah keberkahan pun datang kepada Anda.

Lalu, apa saja doa tersebut? Yuk baca ulasan di bawah ini sampai selesai.

(Baca juga: Doa Saat Sakit Hati dan Artinya)

Doa Saat Hujan

Doa-doa dibawah ini bisa Anda bacakan ketika hujan sedang berlangsung, berikut ulasannya.

1. Doa Saat Turun Hujan

Diriwayatkan dalam sebuah hadist, yaitu Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu'anha mengatakan sebagai berikut.

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Latin: "Allahumma shoyyiban nafi'an"

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat".

(Baca juga: 8 Kalimat Thayyibah dalam Islam)

2. Doa Saat Hujan Lebat

Berdasarkan hadist Riwayat Al-Bukhari, berikut ini merupakan doa saat terjadi hujan lebat yang pernah dibaca oleh Rasulullah SAW.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Latin: "Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari"

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan".

3. Doa Saat Hujan yang di Sertai Angin Kencang

Imam Muslim dalam sebuah hadist meriwayatkan bahwa ketika hujan disertai angin kencang, Rasulullah SAW membacakan doa sebagai berikut.

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Latin: "Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih"

Artinya: "Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya".

(Baca juga: Hukum Riba dalam Islam)

4. Doa Saat Hujan di Sertai Petir

Diriwayatkan dalam sebuah hadist, yaitu Imam Malik, Rasulullah SAW membacakan doa berikut ini saat terjadi hujan yang disertai petir.

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Latin: "Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih"

Artinya: "Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya".

5. Doa Meminta Agar Hujan Berhenti

Ketika hujan yang sangat deras hingga berjam-jam, bahkan berhari-hari, tentu hal seperti itu akan menghambat berbagai macam aktivitas yang biasa kita lakukan. Agar hujannya berhenti, kita sebagai umat Islam harus meminta dan berdoa kepada Allah SWT.

Berikut ini doa meminta agar hujan berhenti yang pernah Rasulullah SAW bacakan.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Latin: "Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari"

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan" (HR Bukhari)

(Baca juga: 5 Perbedaan Haji dan Umroh)

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang doa saat hujan beserta dengan artinya yang bisa Anda bacakan dan hafalkan. Sehingga, ketika terjadi hujan, Anda bisa membaca doa tersebut dan InsyaAllah akan diberikan keberkahan untuk Anda.

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan di masukkan ke dalam surganya, aamiin yarobbal alamin, terima kasih.

About Masdejay

Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

Follow by Email

Copyright © Masdejay. All rights reserved. Template by CB