12 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

hal yang membatalkan puasa

Hal yang Membatalkan Puasa - Puasa merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat Islam untuk menahan hawa nafsu. Mulai dari menahan lapar, haus, amarah, nafsu, kata-kata dan lain sebagainya. Puasa memiliki dua jenis, ada puasa wajib dan puasa sunah.

Puasa wajib contohnya seperti puasa ramadhan, untuk puasa sunah contohnya seperti puasa senin kamis, puasa sebelum idul adha dan lain sebagainya. Pahala yang diberikan oleh Allah SWT, bagi orang yang menjalankan puasa sangatlah besar.

Jaminannya pun Anda akan masuk ke dalam surga. Namun, menjalankan ibadah puasa tidak mudah, karena Anda akan menemukan banyak sekali cobaan dan godaan iman. Mulai dari godaan melihat orang yang makan dan minum, melihat wanita yang mengumbar aurat, salah mengucap kata-kata dan lain sebagainya.

Tahukah Anda, bahwa ada beberapa hal yang bisa membatalkan ibadah puasa. Bahkan, hal tersebut mungkin pernah Anda alami ketika sedang berpuasa. Oleh karena itu, di artikel kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang hal yang membatalkan puasa.

Lalu, apa saja hal tersebut? Yuk baca ulasan dibawah ini.


Hal yang Membatalkan Puasa

Dengan adanya pembahasan seperti ini, semoga Anda bisa mempelajari dan menjaga puasa dengan sempurna. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman

Hal seperti ini memang sudah tidak asing lagi. Sebab, orang yang berpuasa tentunya akan menahan lapar dan haus. Maka dari itu, Jika belum saatnya berbuka puasa, namun Anda sudah mengonsumsi makanan dan minuman, maka puasa yang Anda jalankan sudah dipastikan batal.

Selain batal, Anda juga akan mendapatkan dosa. Karena ketika bangun sahur, Anda sudah membaca niat untuk melakukan ibadah puasa. Dengan begitu, Anda seperti sudah berjanji kepada Allah SWT, untuk menjalankan puasa.

2. Mengonsumsi Selain Makanan dan Minuman

Apapun itu, jika ada sebuah bedan yang masuk ke dalam mulut ketika Anda sedang berpuasa, maka sudah dipastikan puasa Anda batal. Contoh seperti menelan obat, permen, serpihan tepung terigu, batu kecil dan lain sebagainya.

Intinya disini adalah tidak boleh ada hal apapun yang masuk ke dalam mulut Anda, agar puasa yang dijalankan tidak batal.

3. Emosi

Emosi merupakan salah satu perbuatan yang dilarang oleh agama. Karena emosi juga menjadi salah satu sifat yang dimiliki oleh setan. Jika Anda sedang menjalankan ibadah puasa, maka sangat dilarang untuk emosi.

Karena puasa, Anda dianjurkan untuk menahan segala hawa nafsu, mulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari. Emosi membuat seseorang menjadi tidak kekontrol, bahkan bisa melakukan hal yang keji, seperti membunuh, memukul, membully dan lain sebagainya.

4. Murtad

Hal yang membatalkan puasa berikutnya adalah murtad. Murtad merupakan salah satu hal yang membuat seseorang keluar dari agama Islam. Dan menjadikannya sebagai golongan dari orang-orang kafir dan tidak mempercayai Allah SWT.


5. Berenang

Berenang merupakan aktivitas yang sangat mengasyikkan dan disukai oleh banyak orang. Namun, ketika Anda sedang berpuasa, Anda sebaiknya menghindari kegiatan seperti ini. Karena ketika berenang, Anda bisa saja tanpa sengaja menelan air.

Nah, dari situlah puasa Anda bisa menjadi batal. Pada dasarnya, berenang memang diperbolehkan oleh Islam, namun jangan berenang ketika Anda sedang berpuasa.

6. Menelan Dahak

Dahak memang menjadi sesuatu yang sangat mengganggu tubuh, terutama bagian pernafasan. Pernafasan Anda akan terganggu jika terdapat dahak didalam tenggorokan. Jika Anda mengeluarkan dahak kemudian Anda telan lagi, maka puasa Anda sudah dipastikan batal.

Karena menurut beberapa ulama, dahak berasal dari pangkal hidung, alias tidak keluar dari mulut. Sehingga, hal seperti ini mirip dengan muntah, dan masih bisa memungkinkan Anda untuk menghindarinya.

7. Mengeluarkan Air Mani Secara di Sengaja

Mengeluarkan air mani dalam tubuh secara di sengaja bisa membatalkan puasa. Karena pada dasarnya, seorang pria akan mengeluarkan air mani jika ia terangsang oleh sesuatu atau nafsu. Nah, jika ada pria yang mengeluarkan air mani secara di sengaja, maka puasa yang ia jalankan sudah pasti batal.

Kecuali, pria tersebut tidak sengaja mengeluarkan air mani pada saat tidur (mimpi basah), maka puasa yang ia jalani tidak batal.

8. Berhubungan Tubuh

Hal yang membatalkan puasa berikutnya adalah berhubungan tubuh. Saat Anda menjalankan ibadah puasa, maka Anda harus bisa menahan hawa nafsu. Nah, jika Anda melakukan hubungan tubuh, baik dengan istri ataupun orang lain, maka puasanya akan batal.


9. Gila atau Hilang Akal

Orang yang sudah hilang akal, atau bisa disebut dengan gila, maka ia tidak diwajibkan untuk berpuasa. Orang yang sudah hilang akal tidak bisa berfikir secara normal dan ia tidak akan mengerti mana larangan dan mana yang diperintahkan.

10. Haid

Wanita yang sedang haid, maka ia tidak dianjurkan untuk berpuasa. Sebab, seseorang yang ingin menjalankan puasa, maka ia harus dalam keadaan yang suci. Wanita haid biasanya akan mengeluarkan darah dalam waktu tertentu, sehingga darah yang keluar bisa membuat puasanya batal.

11. Merokok

Merokok merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi kita lihat. Jika seorang muslim yang sedang berpuasa, kemudian ia merokok, maka dipastikan puasanya batal. Sebab, dengan merokok kita otomatis memasukkan suatu benda ke dalam mulut.

Nah, dari situlah puasa menjadi batal akibat merokok.

12. Muntah

Hal yang membatalkan puasa berikutnya adalah muntah. Sebagai orang yang sedang berpuasa, kita tidak diperkenankan untuk memasukkan dan mengeluarkan apapun itu dari dalam tubuh. Sehingga, jika Anda muntah, baik itu disengaja maupun tidak disengaja, maka sudah dipastikan puasa Anda batal.


Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang hal yang bisa membatalkan puasa. Semoga saja Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan sempurna dan mampu menahan godaan serta cobaan yang ada. Karena Allah tidak akan memberikan cobaan yang tidak mampu dijangkau oleh hambanya.

Dari kesimpulan diatas, Anda bisa mempelajari dan senantiasa menjaga semuanya ketika sedang berpuasa. InsyaAllah Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan masuk ke dalam surganya Allah SWT, aamiin.

Terima kasih.