5 Jenis Jin dalam Islam

apa saja jenis-jenis jin dalam islam?

Jenis-jenis Jin dalam Islam - Jin merupakan salah satu makhluk ghoib yang juga termasuk ciptaan Allah SWT. Mereka mempunyai tugas yang sama dengan manusia, yakni menyembah dan beribadah kepada Allah SWT.

Hal tersebut memang sesuai dengan firman Allah SWT di dalam isi Al-Qur'an yang menjelaskan bahwa Allah SWT tidak akan menciptakan jin dan manusia, kecuali hanya untuk beribadah (menyembah) kepadanya.

Dalam bahasa Arab, jin memiliki arti tersembunyi atau disembunyikan. Salah seorang ulama juga pernah menjelaskan bahwa makhluk tersebut bisa dinamakan jin karena ketertutupannya dari pernglihatan manusia.

(Baca juga: Hukum Percaya Zodiak dalam Islam)

Allah SWT pernah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 2 sampai 4, yang menjelaskan tentang tanda-tanda orang yang bertaqwa dan salah satu tandanya ialah mempercayai bahwa sesuatu yang ghoib itu memang ada.

Salah satunya ialah mempercayai adanya jin. Dengan kata lain mempercayai bahwa jin itu memanglah ada, dari situlah kita sudah melakukan langkah pertama dari banyak langkah untuk bertaqwa kepada Allah SWT.

Jin terdapat beberapa jenis, namun sangat disayangkan saat ini banyak orang yang belum mengetahui jenis-jenis jin. Padahal dengan mengetahui jenisnya, maka kita akan paham maksud dan tujuannya. Oleh karena itu di artikel kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang jenis-jenis jin dalam Islam.

(Baca juga: Hukum Taubat Berulang Kali dalam Islam)

Lalu, apa saja jenis-jenisnya? Yuk baca ulasan dibawah ini sampai selesai.

Jenis-jenis Jin dalam Islam

1. Asy Syaiton

Jin Asy Syaiton merupakan golongan jin yang sering kali menggoda keimanan dan jiwa manusia agar berpaling dari jalan Allah SWT. Mereka juga selalu membisikkan kekafiran dan keraguan ke dalam jiwa dan hati manusia.

(Baca juga: Perbedaan Iman dan Taqwa dalam Islam)

2. Al Arwah

Al Arwah merupakan jin yang masuk ke dalam golongan yang suka menggoda dan mengganggu manusia agar selalu berbuat jahat dan melakukan maksiat.

3. Al Ifrit

Al Ifrit merupakan golongan jin yang sering membantu manusia. Namun, Al Ifrit terbagi menjadi dua jenis, yakni Ifrit muslim dan baik yang biasa membantu manusia yang baik dan muslim, serta ada Ifrit yang kafir dan jahat yang biasa membantu dukun-dukun atau penyihir.

(Baca juga: 4 Macam Madzhab dalam Ilmu Fiqih)

4. Al A'mir

Al A'mir merupakan jin yang termasuk ke dalam golongan yang sering kali berupaya untuk meniru kebiasaan atau perbuatan manusia dengan tujuan untuk menakuti semua manusia. Contoh seperti pocong, kuntilanak, genderuwo dan lain sebagainya.

5. Al Jan

Al Jan merupakan golongan jin yang memiliki berbagai kebutuhan seperti manusia. Mereka ada jin pria dan wanita, ada jin muslim dan jin kafir, ada jin yang butuh makanan atau minuman, istirahat dan lain sebagainya, mirip dengan manusia.

(Baca juga: 3 Perbedaan Infaq dan Sedekah)

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang jenis-jenis jin dalam Islam yang wajib untuk diketahui oleh semua orang, terutama kaum muslimin. Dengan begitu, Anda sudah mengetahui jenis, maksud dan tujuan jin tersebut.

Untuk menghindari godaan jin yang jahat dan kafir, maka dekatilah diri dengan Allah SWT. Misal saja rajin sholat 5 waktu dan sholat sunnah, mengaji, membaca Al-Qur'an kapan dan dimana saja dan sering bersedekah.

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan dimasukkan ke dalam surganya, aamiin yarobbal alamin, terima kasih.