15 Jenis Syaitan dan Tugasnya

apa saja jenis-jenis syaitan dan tugasnya?

Jenis Syaitan dan Tugasnya - Syaitan atau biasa yang dikenal dengan sebutan setan merupakan makhluk halus yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Makhluk halus tersebut sering kali menggoda dan menghasut manusia.

Karena memang itulah tugas dari mereka yang harus dilaksanakan. Syaitan merupakan jin yang menyamar menjadi seperti pocong, kuntilanak, genderuwo, wewe gombel dan lain sebagainya. Ia memiliki tugas untuk menggoda dan menakut-nakuti manusia.

Dalam agama Islam, untuk menghindari godaan dan hasutan dari para syaitan, maka kita semua dianjurkan untuk mendekatkan diri, atau beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Mulai dari rajin melaksanakan sholat lima waktu dan sunnah, rajin membaca Al-Qur'an, zikir dan lain sebagainya.

(Baca juga: 4 Hukum Berbohong Demi Kebaikan dalam Islam)

Dengan begitu, syaitan-syaitan yang tadinya ingin menggoda Anda menjadi enggan untuk menggoda. Sebab, mereka akan kepanasan jika mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan zikir yang Anda ucapkan.

Mereka (syaitan) juga tidak menyukai dan enggan menggoda orang yang taat kepada Allah SWT. Tahukah Anda, bahwa syaitan memiliki berbagai macam jenis dan tugasnya yang berbeda-beda. Dari sini masih banyak orang yang belum mengetahuinya, terutama untuk kaum muslimin.

Seharusnya, sebagai seorang muslim kita harus mengetahui semua hal tersebut, agar kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari godaannya. Oleh karena itu, di artikel kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang jenis syaitan dan tugasnya yang wajib untuk diketahui.

(Baca juga: 5 Jenis Jin dalam Islam)

Lalu, apa saja jenis dan tugas syaitan? Yuk baca ulasan di bawah ini sampai selesai.

Jenis Syaitan dan Tugasnya

1. Haffaf

Haffaf merupakan jenis syaitan yang memiliki tugas untuk mengajak manusia berbuat maksiat, seperti meminum minuman khamar dan suka berfoya-foya.

2. Zaktabur / Zaknabur / Zalanbur

Mereka merupakan para syaitan yang bertugas untuk menimbulkan rasa ujub dan takabur dengan kelebihan yang dimilikinya.

3. Khannas

Khannas memiliki tugas untuk menimbulkan rasa was-was atau khawatir akan adanya Allah SWT, serta melalaikan hati para manusia akan adanya Tuhan, nauzubillah.

4. Lakhus

Lakhus bertugas untuk mengajak manusia agar menyembah Tuhan selain Allah SWT.

5. Miswat / Maswat

Miswa / Maswat merupakan jenis syaitan yang memiliki tugas untuk mempercepat manusia agar ia berbuat maksiat dan membuat manusia menyukai perbuatan tersebut. Selain itu, ia juga suka membawakan gosip liar.

(Baca juga: Hukum Percaya Zodiak dalam Islam)

6. Murrah

Tugasnya ialah mendekatkan ahli musik agar selalu lalai dan melalaikan orang saat berwudhu agar mubadzir, yaitu menggunakan air secara berlebihan dan sia-sia.

7. Sabrum

Sabrum ialah jenis syaitan yang bertugas untuk mengajak manusia ke jalan yang jahat dan tidak sabar dengan ujian yang sedang menimpa, misal saja sama seperti mengoya-ngoyakkan baju pada kematian anggota keluarga.

8. Dassim

Dassim memiliki tugas untuk memecahkan suami istri agar mereka suka membuat gaduh, bahkan bercerai, menyuruh manusia untuk marah bkan pada tempatnya, sehingga menimbulkan banyak dosa. Selain itu, tugasnya juga menampakkan cela kakak beradik agar suka melakukan keributan.

9. A'Awar

A'Awar tugasnya ialah menggoda para raja, orang-orang atasan yang alim, takabur akan jabatannya, membiarkan rakyatnya tanpa dibela dan tidak suka mendengarkan nasihat dari ulama. Selain itu, A'Awar juga bertugas untuk menghias perempuan agar laki-laki menjadi tergoda dan juga menggoda wanita agar mendekati laki-laki yang menarik dan tampan.

10. Zalitun

Tugas syaitan jenis Zalitun ialah menyuruh manusia agar sering belanja dan boros akan uang yang dimiliki, serta merubah pikiran manusia hanya ingat kepada makanan dan lain sebagainya, tanpa mengingat akhirat dan Allah SWT.

(Baca juga: Hukum Taubat Berulang Kali dalam Islam)

11. Watin

Watin bertugas untuk mendekati orang yang sedang tertimpa musibah dan menghasut manusia agar berprasangka buruk kepada Allah SWT.

12. Khinzab

Khinzab merupakan jenis syaitan yang bertugas untuk mengganggu orang yang beribadah khasnya orang yang sholat, dengan cara membuat manusia merasa was-was dengan amal baiknya yang telah dilakukan, serta senantiasa meruntuhkan keyakinannya kepada agama Islam.

13. Abyad

Abyad ialah syaitan yang memiliki tugas untuk menggoda para nabi dan rosul yang sudah diutus kepada manusia. Ia merupakan jenis syaitan yang tugasnya berat dan memiliki sikap yang paling buruk.

14. Masud

Tugas syaitan jenis Masud ialah menyuruh manusia agar selalu mengumpat, gemar memfitnah orang lain, suka mengadu domba dan suka menanamkan rasa dendam kepada orang lain.

15. Laqnis

Laqnis ialah jin yang tugasnya mengganggu orang yang sedang bersuci atau wudhu, sehingga orang tersebut menjadi ragu dan wudhunya menjadi tidak sempurna.

(Baca juga: Perbedaan Iman dan Taqwa dalam Islam)

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang jenis syaitan dan tugasnya yang wajib untuk diketahui oleh semua orang, terutama umat Islam. Dengan begitu, semoga kita semakin rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Karena dengan cara tersebut syaitan tidak berani menggoda dan mendekati manusia. Yang terpenting ialah jangan pernah takut dengan syaitan, karena jika Anda takut dengannya, maka syaitan akan semakin berani menggoda Anda, begitu pun sebaliknya.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, dilancarkan rezekinya dan dimasukkan ke surganya, aamiin yarobbal alamin. Terima kasih.