Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

Pengertian Qada dan Qadar, Beserta Manfaatnya

pengertian qada dan qadar: dan manfaatnya

Pengertian Qada dan Qadar - Islam merupakan agama yang paling mulia dan telah mengatur semua kehidupan untuk umatnya. Baik itu dalam hal yang besar sampai ke detail kehidupan yang akan dijalani oleh semua manusia.

Semua sudah teratur dalam Al-Qur'an dan Hadist. Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk mengenal apa arti qada dan qadar. Bekal seperti itu akan memberikan sebuah pemahaman mengenai arti qada dan qadar.

Mengapa demikian? Karena pemahaman seperti itu yang akan membekali kita dalam sebuah samudera kehidupan. Serta mengajarkan rasa syukur dan penerimaan. Oleh karena itu, di artikel kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang pengertian qada dan qadar, beserta manfaatnya.

Lalu, apa itu pengertiannya? Yuk baca ulasan dibawah ini sampai selesai.

(Baca juga: 9 Metode Ijtihad dalam Hukum Islam)

Pengertian Qada dan Qadar

Qada dan qadar merupakan sebuah kata yang mempunyai hubungan yang sangat erat. Keduanya sama-sama memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan manusia, terutama untuk kaum muslimin. Tetapi, arti qada dan qadar itu berbeda, untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah ini.

1. Pengertian Qada

Qada merupakan sebuah kata yang tidak asing lagi, beberapa kali kata seperti ini disebutkan dalam kitab suci Al-Qur'an. Arti dari kata qada secara bahasa adalah ketetapan. Yaitu sesuatu kejadian yang sudah dibuat sejak sebelum lahir didunia, yaitu di zaman Azali.

Ketetapan yang membawa setiap kehidupan umat manusia. Allah SWT memiliki kesempurnaan yang bisa mengatur kehidupan seluruh umat manusia di alam semesta.

(Baca juga: 10 Sahabat Nabi yang Termasuk Assabiqunal Awwalun)

2. Pengertian Qadar

Qadar merupakan sebuah istilah kata kedua dalam bahasan mengenai ketetapan Allah SWT. Bisa diartikan bahwa qadar merupakan sebuah ukuran atau pertimbangan. Jika disimpulkan, bahwa qadar adalah suatu ketetapan yang sudah diciptakan berdasarkan oleh ukuran Allah SWT disetiap diri manusia.

Pengertian Qada dan Qadar Secara Umum

Qada dan qadar memang identik dengan agama Islam. Tetapi, ternyata qada dan qadar berlaku untuk semua umat manusia yang ada di bumi ini. Istilah qada dan qadar sering di dengar dengan sebutan takdir. Yang dimaksud dengan qada dan qadar dalam kehidupan sehari-hari ialah takdir itu sendiri.

Takdir memang menjadi suatu hal yang mengikat pada kehidupan semua manusia. Hukum takdir akan berkeseimbangan dan saling berpengaruh dengan hukum sebab serta akibat. Walaupun semua sudah ditetapkan oleh Allah SWT sebelum kelahiran, manusia menjadi penentu dalam sebuah kehidupan yang ia jalani.

(Baca juga: 8 Perbedaan Nabi dan Rasul)

Manfaat Beriman Kepada Qada dan Qadar

Beriman kepada qada dan qadar merupakan bagian dari rukun iman yang ke enam. Bahwa tidak akan sempurna keimanan seseorang jika ia tidak mau beriman kepada rukun iman ini. Manfaat beriman kepada qada dan qadar ialah sebagai berikut.

1. Mendidik Agar Selalu Bersyukur

Mensyukuri semua nikmat yang sudah Allah SWT berikan memang menjadi sebuah kewajiban bagi setiap manusia. Itu juga termasuk salah satu hikmat dari beriman kepada qada dan qadar. Menerima bahwa segala sesuatu yang diberikan telah di tentukan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Dan semua yang diberikan merupakan yang terbaik menurut Allah SWT bagi setiap hambanya. Sadar dengan hal seperti ini, rasa syukur akan terus terucap dalam benak diri kita.

2. Menjadi Insan yang Optimis

Dari pengertian qada dan qadar tentang mencangkup takdir yang bisa dirubah berdasarkan usaha, maka hal itu menjadikan kita sebagai hambanya harus optimis dan penuh dengan sebuah harapan dalam kehidupan masing-masing.

Karena segala sesuatu yang diusahakan, akan membuahkan hasil yang terbaik. Percaya diri akan kemampuan Allah SWT telah dianugerahkan. Maka semangat untuk menjalani semua aktivitas bisa terpompa dengan maksimal.

(Baca juga: 8 Perbedaan Al-Qur'an dan Hadist)

3. Menjadi Pribadi yang Tenang

Jika kita mengetahui semua arti qada dan qadar tentang kehidupan yang sudah digariskan mengenai alam semesta yang sudah diatur oleh Allah SWT, maka apapun yang akan terjadi tidak bisa membuat kita risau, tidak akan pernah berpengaruh untuk membuat kita menjadi khawatir atau was-was.

Sifat hati yang selalu tenang dan tidak merasa was-was dengan kehidupan dunia, semua ini diperoleh karena yakin bahwa semua yang terjadi merupakan apa yang sudah Allah SWT kehendaki.

4. Terhindar dari Sifat Kesombongan

Manfaat mengamalkan qada dan qadar memang sangat banyak, terutama mampu menjadikan diri terhindar dari sifat yang sombong dan angkuh. Contoh kesombongan yaitu seperti merasa dirinya lebih baik dan akhirnya kita merendahkan orang lain.

Tidak ada kekuasaan lain yang bisa menguasai apa yang sudah Allah SWT tetapkan. Serta, tidak ada satupun makhluk yang pantas untuk menyombongkan diri sendiri, kecuali hanya Allah SWT sang pencipta segalanya.

(Baca juga: Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat dan Bacaannya)

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang pengertian qada dan qadar yang bisa Anda jadikan sebuah pembelajaran untuk kehidupan kita semua. Selain pengertiannya, Anda juga bisa melihat betapa luar biasanya manfaat dari mengimani qada dan qadar.

Dengan begitu, semoga kita semua semakin mendekatkan diri kepada Allah dan selalu dalam lindungannya, aamiin yarobbal alamin. Terima kasih.

About Masdejay

Masdejay | Media informasi akurat, menarik dan terpercaya

Follow by Email

Copyright © Masdejay. All rights reserved. Template by CB