Perbedaan Iman dan Taqwa dalam Islam

perbedaan iman dan taqwa dalam islam

Perbedaan Iman dan Taqwa - Dalam agama Islam, iman dan taqwa menjadi salah satu kewajiban bagi semua umat muslimin. Dengan cara kita beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, InsyaAllah hidup kita akan diberikan keberkahan dunia dan akhirat.

Namun, saat ini masih banyak orang yang belum mengerti tentang iman dan taqwa. Padahal, seharusnya kita sebagai umat muslimin sangat diwajibkan untuk mengetahui ilmu pengetahuan atau wawasan tentang agama Islam.

Banyak juga orang yang belum mengetahui apa bedanya iman dan taqwa, sehingga mereka sering kali salah dalam mengartikannya. Tentu, hal seperti itu tidak boleh terus dilakukan, karena salah mengartikan sesuatu merupakan hal yang tidak baik.

Agar Anda tidak ketinggalan dengan ilmu Islami, di artikel kali ini saya akan membagikan ilmu tentang perbedaan iman dan taqwa yang kiranya bisa dipelajari dan dipahami. Lalu, apa saja perbedaannya? Yuk baca ulasan dibawah ini sampai selesai.

(Baca juga: 4 Macam Madzhab dalam Ilmu Fiqih)

Perbedaan Iman dan Taqwa

1. Berdasarkan Pengertiannya

Secara etimologis, kata iman berasal dari amina-ya'minu-amman, yang memiliki arti percaya. Secara istilah, iman memiliki arti keyakinan yang dibenarkan dalam hati, diikrarkan dengan lisan, serta diamalkan dengan perilaku.

Iman dalam agama Islam merujuk pada rukun iman yang meliputi beriman kepada Allah SWT, malaikat, kitab, Rasul, hari kiamat dan takdir baik atau buruk.

Sedangkan kata taqwa secara etimologis berasal dari kata waqa-yaqi-wiqayah, yang memiliki arti memelihara. Tetapi, secara terminologis, kata taqwa memiliki arti mematuhi semua perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

(Baca juga: 3 Perbedaan Infaq dan Sedekah)

2. Berdasarkan Dampak

Dampak keimanan bagi setiap manusia ialah ikhlas dalam melakukan ibadah. Sedangkan dampak ketaqwaan seseorang ialah dimudahkan semua persoalan dan rezekinya oleh Allah SWT.

3. Berdasarkan Implikasi

Orang yang beriman mempunyai beberapa ciri-cirinya, yaitu tawakal, mawas diri, bersikap ilmiah, konsisten, optimis, pantang menyerah dan tidak sombong. Sedangkan ciri-ciri orang bertaqwa ialah menjauhi maksiat, rajin bersedekah, menepati janji, rajin beribadah dan lain sebagainya.

(Baca juga: 5 Doa Saat Hujan dan Artinya)

Kesimpulan

Demikianlah isi dari artikel kali ini tentang perbedaan iman dan taqwa. Dengan begitu, Anda sudah mengetahui perbedaannya secara signifikan dan bisa menjadi sebuah bahan pembelajaran. Semoga ilmu yang saya bagikan bermanfaat untuk semua orang.

Dan semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan dimasukkan ke dalam surganya, aamiin yarobbal alamin, terima kasih.